Cara Sharing Data Melalui Kabel LAN

Cara Sharing Data Melalui Kabel LAN adalah suatu hal yang tidak sulit.sharing data menggunakan kabel LAN adalah salah satu cara agar kita dapat berbagi data dengan sesama pengguna komputer baik komputer pc maupun laptop. Pengirman data menggunakan LAN memiliki banyak kelebihan, diantarnya adalah:
  • Data yang kita kirim aman dan utuh (tidak ada file yang korup), Bandingkan jia kita mengirim file mengunakan bluetooth atau memakai fd, terkadang masih ada file yang korup.
  • pengiriman data setabil, Karena menggunakan kabel.
  • Kita tidak perlu bingung jika ukuran fielnya telalu besar, karena penyimpanan sudah langsung ke dalam komputer dan pengiriman juga lebihcepat bila di bandingkan dengan bluetooth atau fd lebih efisien.
  • Danlain sebaginya.
Cara Sharing Data Melalui Kabel LAN
Bagi Anda yang belum bisa berbagi data atau file mengunakan kabel LAN, kalian bisa menyimak Cara Sharing Data Melalui Kabel LAN dibawah ini.

Tahap – tahap:
  1. Siapkan kabel LAN
  2. Tancapkan kedua ujung kabel LAN ke computer pc atau laptop yang akan digunakan untuk mentarnsfer data atau menerima data. Jiak sudah benar lamp indicator pada kedua lubang akan menyala.
  3. Jika kedua computer sudah siap, kemudian kedua computer tersebut masuk Start Menu >> Seting >> Network Connection >> Local Area Connection.
  4. Jika sudah dibuka, di General cari dan klik 2 kali Internet Protocol (TCP/IP).
  5. Jika suda terbuka, klik Use the following IP Adress di kedua komputer.
  6. Di komputer 1, masukkan IP Address:
IP Address:   192.168.0.1
Subnet mask:     255.255.255.0
OK
  1. Di komputer 2, masukkan IP Address:
IP Address:   192.168.0.2
Subnet mask:     255.255.255.0
OK
  1. Selanjutnya, buatlah folder atau klik salah satu folder yang ingin di shar di PC 2. kemudian klik kanan folder tersebut, pilih Properties.
Pilih Sharing.

Di Network Sharing & Security,

Ceklis Share this folder on the work,

Ceklis Allow network user to change my file.

OK.

Jika sudah berhasil, folder biasanya berubah jadi ada gambar tangan
  1. Sebelum kirim data dari PC1, matikan dulu FIREWALL
Caranya:

Start menu >> Setting >> Control Panel

Pilih Windows Firewall

Klik Off

OK

Nah, sekarang sudah mati, bersiaplah mengirimkan data-data.
  1. Di PC 1, buka Windows Explorer atau Internet Explorer sobat,ketikkan alamat Ip Address (192.168.0.2) komputer 2. Ketik:\\192.168.0.2 di address (atas).
  2. Jika sudah benar, di PC 1, kalian akan mendapatkan folder yang sudah dibuat di pc 2 dan dishare melaluai nama PC pada windows exporer pada network sesuai nama PC. Dari PC 1, kalian tinggal memindahkan/ mengirimkan file/ data di folder yang kalian buat atau folder yang sudah di share.
SELESAI

NB:
Jika sudah selesai memindahkan data-data , jangan lupa aktifkan lagifirewallnya yang tadi dibikin off. Jika pengguna internet yang pengaturan TPC/IP nya Obtain and IP address automatically, nonaktifkan lagi pilihan Use the following DNS server addressesnya.

Itulah tadi cara sharing data melalui kabel LAN, walu sedikit ribet tapi sharing data menggunakan kabel lan lebih aman dan efisien,tak perlu memikirkan seberapa besar dat yang akan di sharingkan. Jika semua persiapan sudah siap kit tinggal shard an tunggu sampai selesai.

Belum ada Komentar untuk "Cara Sharing Data Melalui Kabel LAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel