Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Bahaya Menutup Laptop Saat ShutDown

Kembali lagi dengan Admin yang kece ini, kali ini Admin akan membagikan sebuah artikel tentang Kenali Bahaya Menutup Laptop Saat ShutDown, Admin membagikan artikel ini karena beberapa dari Kawan Kampus Saya sering melakukan kesalahan ini, makanya Admin akan membagikan artikel ini untuk mencegah kerugian dini.

Alasan Menutup Layar Ketika Shut Down Bisa Bikin Laptop Cepat Rusak

Arus Listrik yang Kuat
Kenali Bahaya Menutup Laptop Saat ShutDown
Pada saat kamu menyalakan dan mematikan laptop, atau istilah kerennya saat booting dan shutting down, power supply akan mengalirkan sejumlah arus listrik yang besar ke semua komponen yang ada di laptop kamu.

Termasuk ke bagian LCD alias layar laptop. Pada saat proses booting atau shut down berlangsung, sebaiknya kamu tidak menutup atau menggerak-gerakkan layar laptop kamu. Sebab, dikhawatirkan arus listrik yang masuk akan menjadi tidak stabil dan merusak komponen yang ada di laptop, terutama bagian layar LCD-nya.

Prosesor dan VGA yang Panas
Kenali Bahaya Menutup Laptop Saat ShutDown2

Prosesor dan VGA adalah dua komponen penting yang mampu menghasilkan panas pada laptop. Biasanya, komponen-komponen ini terdapat di bagian bawah keyboard. Kalau kamu menggunakan laptop kamu dalam waktu yang cukup lama, apalagi di dalam ruangan tanpa pendingin udara, kamu mungkin akan merasakan hawa panas dari yang keluar.

Nah, kalau kamu langsung menutup layar laptop ketika proses shut down, dikhawatirkan hawa panas ini akan berkumpul dan mengenai layar laptop kamu. Kalau terlalu sering terpapar hawa panas, LCD kamu akan mudah mengalami kerusakan, misalnya bergaris, bocor, dan sebagainya.

Lalu Bagaimana Mematikan dan Menutup Layar Laptop dengan Benar?
Kenali Bahaya Menutup Laptop Saat ShutDown3
Dari pembahasan di atas,Admin bisa menyimpulkan cara menyalakan dan mematikan laptop dengan benar dan aman. Saat ingin menyalakan laptop, buka dulu layarnya, lalu tekan tombol powernya. Kemudian tunggu hingga laptop kamu menyala dan masuk ke mode Windows, baru kamu boleh menggerak-gerakkan layar untuk disesuaikan dengan jarak pandang yang nyaman.

Kenali Bahaya Menutup Laptop Saat ShutDown4

Kemudian, saat mematikan laptop, klik tombol shut down. Lalu tunggu beberapa menit hingga laptop kamu benar-benar mati dan hawa panasnya berkurang. Baru deh kamu boleh tutup laptop kamu.
Kenali Bahaya Menutup Laptop Saat ShutDown5
Demikian alasan mengapa Menutup Laptop saat ShutDown Bahaya.
Jika Anda punya artikel yang dibagikan maka Anda bias bergabung bersama Kami untuk berkontribusi menampilkan artikel Anda dan Artikel Anda akan dibaca ribuan orang.

Semoga Bermanfaat ^_^
Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja

Posting Komentar untuk "Kenali Bahaya Menutup Laptop Saat ShutDown"